Kapolda NTT Tekankan Keamanan, Kenyamanan, dan Kesehatan di Destinasi Pariwisata Prioritas Labuan Bajo

Terkini.id, Labuan Bajo – Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum., didampingi Irwasda NTT Kombes Pol Zulkifli, S.S.T., M.K., S.H., M.M., dan Kapolres Manggarai Barat AKBP Bambang Hari Wibowo, S.I.K, M.Si., menekankan pentingnya keamanan, kenyamanan, dan kesehatan di destinasi pariwisata super prioritas Labuan Bajo. Hal itu disampaikan Kapolda NTT dalam tatap muka bersama Personil Polres Manggarai Barat di Aula Kemala Bhayangkari Polres Mabar, Jumat, 13 Agustus 2021 siang.

Hadir dalam kegiatan ini para pejabat utama Polda NTT yaitu Dirkrimsus, Dansatbrimobda, Ditpolairud, dan Dirintelkam, serta para perwira Polres Manggarai Barat dengan tetap mengikuti protokol kesehatan.

Kegiatan tersebut diawali dengan materi paparan singkat dari Kapolres Manggarai Barat. Kapolres Mabar pada kesempatan tersebut memaparkan tentang persiapan penanganan Covid-19 dalam menyonsong kegiatan International Associaton of Woman Police (IAWP).

Baca Juga: Propam Mabar Lakukan Pengecekan Senjata Api Bagi Anggota

Polres Mabar sudah mempersiapkan segala aspek perencanaan maupun sarana dan prasarana menjelang kegiatan IAWP yang akan dilaksanakan pada bulan November 2021 mendatang. Apalagi kegiatan tersebut masuk dalam wilayah administrasi Polres Manggarai Barat yang merupakan tempat hidup dari kadal raksasa, komodo (New 7 Wonder). Juga Presiden Jokowi menetapkannya sebagai destinasi super prioritas.

Terkait penanganan Covid-19 di Kabupaten Manggarai Barat, pemerintah sudah melakukan beberapa langkah seperti telah disiapkannya tempat isolasi terpusat di RSUD Pratama Komodo dan beberapa tempat di wilayah Kabupaten Manggarai Barat.

Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum., didampingi Irwasda NTT Kombes Pol Zulkifli, S.S.T., M.K., S.H., M.M., dan Kapolres Manggarai Barat AKBP Bambang Hari Wibowo, S.I.K, M.Si. (Dok. Humas Polres Mabar)

Selanjutnya, dalam arahan, Kapolda NTT menyampaikan bahwa Labuan Bajo merupakan tempat destinasi wisata super premium dan Polres Manggarai Barat merupakan etalase dari Polda NTT setelah Polres Kota Kupang. Untuk itu, Kapolda NTT menegaskan kepada Polres Mabar untuk selalu memperhatikan hal–hal yang menjadi perioritas dalam menunjang pariwisata.

“Hal–hal yang perlu diperhatikan dalam menunjang pariwisata adalah faktor keamanan, kenyamanan, dan kesehatan. Hal–hal ini merupakan tugas dan tanggung jawab dari kita sebagai anggota Polri,” ungkap Kapolda NTT.

Orang nomor satu di Polda NTT juga mengatakan untuk selalu bersyukur walaupun adanya pandemi Covid-19. “Kita harus tetap semangat dan bersyukur serta lakukan yang terbaik dalam bekerja sebagai seorang aparat negara,” harapnya.

Dikatakannya, bahwa salah satu agenda utama dalam kunjungan ini adalah menyiapkan kunjungan tamu VVIP. Bagaimana meningkatkan fungsi–fungsi anggota Polres Mabar, karena jika terjadi sesuatu akan langsung menjadi perhatian pusat/Mabes Polri.

Kapolda juga menyampaikan 4 hal penting dalam menangani Covid-19 berdasarkan arahan Presiden Jokowi yang dituang dalam Inmendagri dalam level–level yang sudah ditentukan.

Yang pertama pembatasan mobilitas masyarakat, karena mobilitas dapat dilihat dari satelit. Selanjutnya melakukan pengecekan door to door ke tempat usaha, dengan bekerja sama dengan Satpol-PP dan instansi terkait maupun satgas. Dalam hal menegakan hukum yustusi harus tegas tapi humanis. Patuhi prokes yang ada 5 M dan 3 T.

Yang kedua optimalkan giat tracing di lapangan atau digital. Awali dengan perencanaan dengan baik. Latih anggota, lakukan koordinasi dengan Bhabinkamtibmas dan Kapolsek dalam melaksanakan tugas dengan baik.

Yang ketiga segera bentuk isoter (isolasi terpusat). Masukan, buat papan besar berisikan foto dan laporan pelaksanaan kegiatannya. Jadi, orang mengetahui bahwa di dalam merupakan ruang steril untuk isolasi pasien Covid-19.

Terakhir, percepatan vaksinasi. Kerja sama dengan instansi lainnya untuk membentuk vaksinasi terpadu dan mobil senyum, terutama jika ada kunjungan dari Kapolri atau Panglima.

Dalam kesiapan pelaksanaan IAWP, Kapolda NTT perintahkan untuk selalu lakukan cipta kondisi yaitu membawa pesan seperti kegiatan ini untuk kemajuan dan meningkatkan citra Labuan Bajo. Untuk itu tetap lakukan penggalangan ke masyarakat.

“Lakukan mapping kerawanan di venue Labuan Bajo, rangkul tokoh agama dan tokoh masyarakat. Libatkan stakeholder, tunjukan hasil kerja sama tersebut dengan pembangunan monument pertemuan HUT Polwan sedunia. Akan menjadi spot dan tempat pariwisata. Untuk menjadi tinggalan / legacy,” jelasnya.

Kapolda juga berharap untuk siapkan hal–hal yang unik dan menarik untuk menarik perhatian para pengunjung. Ia juga meminta untuk siapkan personil dan alsus guna mendukung kegiatan tersebut.

“Polda NTT menjadi leading sector pendukung Divhubinter. Buat rembuk anggaran dalam pelaksanaan kegiatan tersebut. Antisipasi setiap celah dan risiko akan terjadinya sebuah masalah,” tegasnya.

Di akhir pertemuan, Kapolda NTT mengucapkan terima kasih atas dedikasi dan prestasi yang telah dibuat oleh anggota Polri untuk Labuan Bajo.

“Jaga nama baik institusi Polri. Kita harus lebih proaktif dan kompak dalam menjaga program pemerintah pusat,” tandasnya. 

Bagikan